Jakarta, Tools digital marketing dapat dengan mudah kita temukan di internet. Ketik saja keyword itu di mesin pencari Google, berbagai perusahaan menawarkan berbagai macam layanan. Hanya saja… tools yang ditawarkan umumnya tidak lengkap, umumnya fiturnya hanya satu atau dua. Kalaupun ada yang lengkap harganya selangit. Contoh sederhana ketika kita ingin melihat trend yang lagi booming bisa kita gunakan Google Trend. Seperti yang kita ketahui Google Trend dapat kita gunakan untuk melihat grafik pencarian produk dalam kurun waktu tertentu, wilayah pencarian serta pencarian terkait. Sayangnya tools ini tidak menunjukkan berapa banyak (volume) pencarian. Ada pula Addon SEO Quake, yang mampu menunjukkan jumlah index web, tahun regstrasi domain, Alexa rank dsb.
Memperkenalkan, Dimia.id Tools Market Riset dan SEO Terbaik buatan anak bangsa. Dimia berhasil meraih penghargaan dari Kementrian Perindustrian dan Perdagangan sebagai juara 1 dalam lomba Comptech Artificial Intelligence & Big Data Analysis. Nah apa saja yang bisa dilakukan Dimia? berikut ini tutorial singkat yang bisa kami bagikan.
LOGIN DIMIA
- Buka laman Dimia.id
- Pilih tombol DAFTAR SEKARANG. Tenang aja, meskipun tools ini powerfull tapi GRATIS. Tuh baik banget kan pembuat Dimia. Saya sarankan Anda masuk melalui Akun Facebook maupun Akun Google.
- Setelah kembali ke laman depan, pilih tombol COBA GRATIS.
- Anda akan masuk ke menu dimia yang super lengkap
RISET TREN PRODUK
Default halaman dashboard yang kita jumpai adalah Keyword Overview. Fitur ini memberikan fasilitas kepada kita untuk melakukan analisa trend produk. Contoh: misalkan kita akan jual tas kulit, ketikkan keyword tas kulit, kemudian tekan tombol Submit.
Maka akan keluar data seperti berikut
- Google, jumlah orang yang mengetik Tas Kulit dalam 1 bulan
- Marketplace, saat ini baru muncul data penjualan Tas Kulit dari 3 marketplace besar di Indonesia, Bukalapak, Shopee dan Tokopedia. Sangat jarang kita menemukan Tools digital marketing yang digunakan untuk melakukan riset marketplace. Anda bisa menemukannya di Dimia dan Gratis (sampai saat artikel ini dimuat)
- Sosial media, untuk melihat berapa banyak yang posting dengan menggunakan hashtag Tas Kulit di Instagram. Untuk melihat detailnya, Anda harus klik tombol lihat detail.
- Ketika scroll ke bawah, Anda akan menemukan data Google Trend. Tidak hanya itu, ternyata data yang disajikan juga menampilkan data CPC iklan serta kompetisi keyword.
- Di paling bawah kita akan menemukan data Organic and Ads Keywords. Wow… kita tidak perlu menghabiskan waktu berpindah pindah tools digital marketing hanya untuk meriset keyword. Semua sudah tersaji di Dimia.id
RISET MARKETPLACE
Karena penasaran dengan data apa saja yang bisa disajikan oleh Dimia, saya mencoba klik Lihat Detail di hasil riset marketplace. Saya memilih marketplace Bukalapak karena penjualan yang ditunjukkan lebih tinggi dibanding Tokopedia. Data yang saya dapatkan seperti ini
Ternyata data yang disajikan bukan hanya Global penjualan. Dimia mampu menyajikan laporan sampai detail produk dan harga jual nya. Bagi saya tools ini sangat membantu untuk melakukan riset di marketplace. Seperti yang kita ketahui, marketplace adalah kumpulan para pedagang. Jadi saya bisa melihat apakah barang yang saya jual sudah ada di marketplace atau belum. Jika sudah, berapa kompetitor kita menjual barang tersebut dapat kita ketahui juga.
SEO RESEARCHb& SITE ANALYSIS
Selain fitur Keyword Overview yang sudah kita bahas di atas, masih terdapat dua menu lainnya yang bisa kita explore. Fitur SEO Reseach dan Site Analiysis akan kami jelaskan di artikel berikutnya. Semoga bisa secepatnya.
Kesimpulan saya, Dimia.id adalah salah satu tools digital marketing yang lengkap. Berita baiknya tools ini masih gratis. Tapi melihat banyaknya fitur yang ditawarkan di dalam 1 aplikasi, bayar pun saya rela. Semoga harganya gak mahal mahal meskipun berbayar. hehehe.
To be continued.…